Prinsip dan Cara Kerja Aki Basah NS Battery

Prinsip dan Cara Kerja Aki Basah NS Battery

Aki adalah sebuah perangkat yang bisa menghasilkan sebauh teganan DC, dimana cara kerja aki basah ini adalah dengan cara mengubah dari energi kimia yang ada dalam energi listrik lewat reaksi elektro kimia dan redoks. Untuk susunannya itu sendiri terdiri atas sel listrik yang menjadi sebuah penyimpan dari energi listrik berbentuk energi kimia. Sementara itu, sel baterai itu sendiri disebut juga dengan elektroda. Elektrona negatif itu disebut juga dengan katoda. Katoda itu fungsinya adalah untuk pemberi elektron. Elektroda yang positif itu disebut juga dengan anoda yang berguna sekali untuk penerima elektron. Di antara katoda dan anoda yang akan mengalir arus dari kutup anoda menuju ke kutup katoda. Sementara untuk elektron itu nantia kan mengalirkan arus dari katoda ke anoda.

Ada 2 proses yang bisa terjadi dalam sebuah baterai, sebagai cara kerja baterai aki itu sendiri. Yaitu sebagai berikut ini:

  1. Proses pengisian, sebagai proses untuk mengubah energi listrik ke energi kimia.
  2. Proses pengosongan, ini terjadi saat energi kimia berubah menjadi energi listrik.

Cara Merawat Aki Basah Paling Sederhana

Meskipun sebenarnya cara kerja aki basah dan aki kering itu sama saja. Selain itu, aki kering selalu dianggap lebih baik, karena proses perawatannya simple. Namun ternyata, aki basah itu juga punya kelebihannya tersendiri. Dengan perawatan yang benar, usia dari aki basah itu bisa lebih panjang dari aki kering. Bahkan bisa mencapai 2 tahun. Berbeda sekali dengan aki kering yang biasanya hanya bisa bertahan selama 1 tahun saja. Maka dari itulah, bila Anda pengguna aki basah dari NS, sebaiknya perhatikan ini dulu agar dapat merawatnya dengna benar, antara lain:

  1. Jagalah kondisi aki aki supaya bisa tetap terisi air. Dengan begitu, aki bisa bekerja lebih baik.
  2. Pastikan setiap 1 bulan sekali, Anda menambahkan air aki. Namun, jangan hanya ditambah, tapi juga harus dikuras. Karena aki basah itu proses penguapannya lebih tinggi, itu artinya Anda harus menambah air setiap bulan. Simple sekali, bukan?

Alasan Aki Meledak Itu Seperti Ini

Banyak orang terkadang menanyakan tentang bagaimanakah cara kerja aki basah yang benar, karena banyak sekali kasus aki basah yang meledak ketika sedang dicharge. Sebenarnya, hal ini bisa saja terjadi ketika proses pengisian tersebut terjadi pelepasan ion oksigen dan ion hydrogen. Sehingga, hal ini bisa menyebabkan terjadinya peledakan.

Kedua ion tersebut mulai menguap lewat ventilasi aki dibagian tutupnya masing-masing. Seperti yang telah diketahui, bahwa hydrogen merupakan gas yang mudah sekali terbakar. Sedangkan, untuk oksigen sendiri merupakan gas yang bisa mempercepat terjadinya proses pembakaran. Bisa Anda bayangkan bila keduanya saling bekerja sama. Otomatis terjadinya peledakan itu sangat mungkin sekali terjadi.

Ketika aki mulai diisi dan ada sebuah percikan api di antaranya, maka api itu bisa membakar ion hydrogen dan mulai menyambar hydrogen yang terdapat dalam aki dengan jumlah yang banyak. Akibatnya, hasil pembakaran yang terjadi dari dalam aki itu bisa menciptakan sebuah ledakan yang bisa membahayakan semua orang yang berada di dekat aki tersebut.

Apakah reaksi kimia untuk aki basah sama dengan aki kering?

Sebenarnya, untuk aki basah itu reaksi kimianya jauh lebih padat. Karena memakai cairan elektrolit. Seadngkan aki kering itu memiliki cairan yang bentuknya jel. Agar nanti saat proses penguapan hydrogen terjadi tidak sebesar seperti yang terjadi pada aki basah. Itu artinya, aki kering itu jauh lebih minim terjadinya peledakan. Untuk reaksinya, keduanya secara umum memiliki cara kerja yang sama.

Ketentuan Klaim Garansi Produk NS Battery

Setelah memahami tentang bagaimanakah cara kerja aki basah yang sebenarnya, maka tidak ada salahnya bila Anda mencoba produk dari NS battery. Karena disinilah salah satu produk terlengkap yang mempunyai garansi resmi dari 8 bulan sampai dengan 18 bulan, disesuaikan dengan kebutuhan tanpa harus melakukan pengecekan secara berkala. Selain itu, dengan produk NS inilah Anda bisa mengklaimnya dimana saja, asalkan Anda memahami tentang ketentuan untuk klaim garansi dari produk NS ini. Misalnya saja, seperti yang ada di bawah ini:

  • Battery wajib disertakan ketika sedang mengajukan klaim.
  • Serial number untuk battery yang ingin diklaim tersebut harus sama dengan yang ditulis dalam kartu garansi.
  • Saat ingin mengajukan klaim itu diharuskan membawa kartu garansi.
  • Cover dan container tidak rusak.
  • Terminal pole juga tidak sedang rusak.
  • Kode dan juga barcode juga tidak boleh rusak ataupun dicoret.

Barulah setelah memahami beberapa ketentuan di atas, Anda sudah bisa mengajukan klaim untuk produk NS battery ini dimana saja. Cukup menguntungkan sekali, bukan?

About: admin