Asupan Pengganti Untuk Anak Alergi Susu

Asupan Pengganti Untuk Anak Alergi Susu

MemilikiĀ anak alergi susu memang sangat membingungkan. Di satu sisi, susu sangat baik untuk tumbuh kembang anak-anak namun di sisi lain akan membuat anak mengalami reaksi alergi. Ya, banyak orangtua yang kebingungan ketika anaknya mengalami atau menderita alergi susu. Padahal, susu memiliki kandungan yang sangat lengkap dan penting seperti misalnya kalsium, vitamin D dan juga protein hewani untuk susu sapi dan susu kambing. Lalu apa yang harus dilakukan oleh para orangtua? Seorang anak yang memiliki alergi susu haruslah diperhatikan dengan benar. Hal ini lantaran tidak semua anak yang memiliki alergi susu merupakan anak yang tidak menyukai susu. Terdapat juga anak yang sejatinya sangat suka meminum susu namun tubuhnya tidak bisa menerima susu karena akan selalu menghasilkan reaksi alergi. Selain itu, yang jauh lebih penting untuk diperhatikan para orangtua adalah asupan pengganti untuk anak yang memiliki alergi susu protein. Tahukah Anda apa saja asupan pengganti yang dimaksud?

Ketika anak telah terbukti memiliki alergi susu, maka para orangtua tidak boleh berputus asa begitu saja. Artinya, para orangtua haruslah paham apa saja asupan pengganti anak alergi susu yang memang perlu diberikan. Ya, seseorang anak yang tidak bisa menerima susu di dalam tubuhnya bukan berarti dibiarkan saja soal asupan gizinya. Hal ini demi anak mendaptatkan asupan yang memang dibutuhkan agar tumbuh kuat dan sehat terutama untuk pertumbuhan tulangnya. Banyak orang tahu bahwa susu murni merupakan salah satu sumber terbaik untuk kalsium dan protein serta vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Namun ketika susu tidak bisa masuk ke tubuh anak, maka sebagai orangtua haruslah memikirkan alternatif cara lainnya berupa makanan pengganti yang memiliki kandungan serupa. Apa sajakah asupan pengganti yang dimaksud?

  • Ikan salmon

Ikan salmon merupakan makanan yang sangat baik untuk pengganti susu. Ikan salmon kaya akan kalsium sehingga bisa mengantikan posisi susu yang tidak bisa masuk ke tubuh penderita alergi susu. Ikan salmon bukan hanya kaya akan kalsium, namun juga memiliki kandungan protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Sehingga, kandungan ini sangatlah pas dan serupa dengan kandungan susu yang memang tidak diterima oleh penderita alergi susu.

  • Ikan sarden

Siapa sangka, ikan sarden yang mudah ditemukan ini ternyata memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Bahkan, menurut penelitian gizi pun menyebutkan bahwa ikan sarden memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dari ikan salmon. Hal ini sangat pas sekali untuk diberikan kepada anak-anak agar memiliki tulang yang kuat dan pertumbuhan tubuhnya. Ikan sarden sudah dikenal luas sebagai sumber yang paling terbaik untuk mengganti susu sehingga pas untuk diberikan kepada anak penderita alergi susu.

  • Kedelai

Kedelai juga merupakan sumber asupan yang sangat baik untuk diberikan kepada penderita alergi susu khususnya anak-anak. Yang paling baik yaitu pemberian susu kedelai. Namun, beberapa kasus menyebutkan pula bahwa penderita alergi susu sapi juga akan menderita alergi susu kedelai sehingga perlu sekali Anda perhatikan dengan seksama. Jangan diberikan kepada anak penderita alergi susu sapi jika ternyata pengkonsumsian susu kedelai juga akan menghasilkan reaksi alergi. Selain susu, kedelai juga baik untuk dikonsumsi dalam bentuk olahan makanan lainnya seperti tempe dan tahu.

  • Kacang panggang

Kacang panggang juga menempati urutan atas dalam daftar makanan yang baik untuk menggantikan susu. Sudah dikenal luas bahwa kacang-kacangan juga pas sekali untuk diberikan pada penderia alergi susu. Namun, kacang yang terbaik menurut beberapa ahli pangan adalah kacang panggang.

  • Paparan sinar matahari

Selain dari makanan dan minuman, asupan pengganti susu juga berasal dari paparan sinar matarahari. Sebaiknya anak penderita alergi susu kerap diajak bermain diluar ruangan terutama ketika pagi menjelang siang hari. Paparan sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tulang sehingga para penderita alergi susu tetap akan memiliki tulang yang sehat dan kuat. Sebaiknya, ajak anak untuk mendapatkan paparan sinar matahari pagi minimal tiga kali dalam seminggu. Tidak perlu terlalu lama, cukup sekitar 15 menit saja pun sudah cukup untuk membuatnya mendapatkan asupan vitamin D.

Jika Anda memeriksakan ke dokter dan dinyatakan anak Anda menderita alergi susu, dokter biasanya juga akan memberikan susu khusus untuk anak alergi susu. Susu khusus yang dimaksud adalah susu formula hypoallergenic. Susu ini dirancang khusus untuk anak yang memiliki tubuh dengan alergen susu sapi dan susu lainnya. Susu formula khusus ini memiliki protein yang sudah dipecah hingga ukuran yang sangat kecil. Sehingga, anak-anak yang memiliki alergi susu sangat kecil kemungkinannya akan merasakan reaksi alergi setelah minum susu formula khusus ini.

About: admin