Tips Menghindari Kerutan Dini Pada Wajah

Tips Menghindari Kerutan Dini Pada Wajah

Timbulnya kerutan pada wajah sebenarnya adalah salah satu hal alami yang akan dialami orang yang sudah beranjak tua. Tapi jika kalian memiliki kerutan pada usia 20 hingga 30 tahun. Wah, bukankah itu terlalu dini? Ya, munculnya kerutan pada usia 20 sampai 30 tahun adalah tanda penuaan dini. Tentu orang yang mengalami ini akan merasa minder, menurunkan kepercayaan diri bahkan mampu membuat stress. Apalagi jika pekerjaan kita menuntut kita bertemu dnegan banyak orang. Kerutan yang paling sering terlihat adalah kerutan di sekitar area dahi dan mata. Beberapa terlihat pula pada lingkar senyum kita. Ada yang berpendapat bahwa orang yang tidak terlalu banyak senyum akan lebih awet muda, karena senyum membuat kerutan lebih nyata di wajah kita. Benarkah? Langsung saja cek jawabannya pada ulasan berikut ini mengenai beberapa tips mengatasi kerutan di wajah.

  1. Hindari paparan sinar matahari

Faktor yang satu ini sudah sangat sering di bahas. Matahari memang punya pengaruh buruk terhadap kulit. Bukan hanya kulit wajah, namun kulit tubuh kita yang lainnya pun akan mendapatkan pengaruh buruk apabilaa terkena paparan sinar matahari terlalu sering. ultraviolet yang dipaparkan oleh sinar matahari menimbulkan radikal bebas yang kemudian merusak sel-sel kulit, sampai mengancam timbulnya penyakit kanker kulit. Selain itu, ultraviolet juga mampu meningkatkan enzim metalloproteinase. Enzim ini akan memecah kolagen pada kulit Anda, dan menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah. Oleh sebab itu, hindarilah sinar matahari langsung di jam 9 sampai 16. Jika Anda terpaksa harus keluar rumah pada jam itu, pastikan Anda memakai produk sunblock terlebih dahulu untuk mellindungi kulit Anda.

  1. Jangan sering mengerutkan wajah

Ini dia jawaban dari pertanyaan di atas. Membuat ekspresi tertentu secara terus-menerus akan membuat kerutan di wajah Anda semakin nyata. Misalkan, Anda sedang pusing mengerjakan pekerjaan kantor Anda, kemudian Anda mengerutkan dahi beberapa jam. Nah, lama-kelamaan, kerutan dahi yang Anda buat akan selalu terlihat walaupun Anda sednag tidak melakukannya lagi. Tertawa terlalu keras pun juga dapat memicu kerutan datang lebih dini. Kalau sebatas tersenyum, tidak apa-apa.

Tips Menghindari Kerutan Dini Pada Wajah

  1. Perbanyak minum air putih

Mulaikan mengkonsumsi air putih sekitar 8 gelas sehari. Kebutuhan air yang tercukupi setiap hari, bukan hanya mampu menjaga kesehatan Anda, namun juga berfungsi baik untuk menjaga kekencangan wajah Anda.

  1. Gunakan kosmetik anti kerut

Segala hal yang sudah kita hindari akan lebih lengkap jika didukung oleh pemakaian kosmetik aman yang dapat membantu dalam menangkal kerutan di wajah. Namun ingat, pintar-pintarlah memillih kosmetik. Penggunaan kosmetik yang salah bisa jadi akan menambah penuaan dini. Jika perlu, konsultasikanlah masalah kulit wajah Anda dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Makan makanan yang mengandung kolagen

Selain dari luar, kita perlu menjaganya dari dalam juga. Ini tidak kalah pentingnya. Kolagen adalah zat protein berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. buah jeruk, buah lemon, buah stroberi, kacang-kacangan, teh hijau, minyak alpukat, brokoli, wortel, tomat, paprika merah, delima, kemari, dan anggur adalah beberapa jenis makanan yang mengandung kolagen.

Sekarang, mulailah melakukan beberapa tips di atas dengan komitmen. Kebanyakan dari kita tidak bisa berkomitmen dalam melakukan sesuatu. Jadi, tanamkan niat, komitmen dan Anda akan terlihat jauh lebih muda. Salam cantik!