Perhatikan Persiapan Melahirkan Normal Agar Berjalan Lancar

Persiapan Melahirkan Normal

Persiapan melahirkan normal agar berjalan lancar. Proses persalinan akan membutuhkan persiapan yang matang. Yang paling utama adalah persiapan mental sang ibu, karena persalinan ini adalah sebuah pertaruhan nyawa. Namun ibu jangan cemas, takut bahkan khawatir dalam menjalani proses bersalin. Proses ini dapat berjalan dengan lancar dan baik jika ibu memiliki kesiapan yang matang. Sebenarnya apasaja yang perlu dipersiapkan? Berikut uraiannya.

Beragam Persiapan Sebelum Melahirkan

–      Pastikan kondisi bayi

Hal paling utama dalam persiapan melahirkan normal adalah memastikan kondisi bayi di dalam perut ibu. Pastikan bayi sudah berada di posisi yang benar, dan jangan lupa memastikan tidak ada lilitan tali pusar pada bayi. Banyak ibu yang kehilangan nyawa sang bayi disebabkan oleh lilitan tali pusar. Lebih baik USG terlebih dahulu agar lebih yakin dengan kondisi bayi.

–      Perhatikan kesehatan ibu

Persiapan sebelum melahirkan selanjutnya adalah kesehatan ibu. Pastikan kesehatan ibu memungkinkan untuk melakukan persalinan secara normal. Jika kesehatan ibu bermasalah seperti hipertensi atau jantung dan ingin melahirkan secara normal, sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya.

–      Persiapan baju ganti

Jangan pandang sebelah mata persiapan penting sebelum melahirkan ini ya bu. Persiapan baju ganti ibu dan bayi dalam satu tas atau koper. Sehingga sewaktu waktu ibu terasa ingin melahirkan tidak perlu lagi kebingungan mencari baju dan persiapan lainnya.Persiapan Melahirkan Normal

–      Memilih tempat

Sebelum proses persalinan, hal yang perlu diperhatikan adalah memilih tempat untuk bersalin. Pilihlah tempat yang benar benar terpercaya dan memiliki tenaga medis profesional. Sehingga proses persalinan akan berjalan dengan baik dan lancar.

–      Senam hamil

Senam hamil ini bukan hanya dilakukan ibu dalam trimester akhir saja. Sejak awal kehamilan pun sebenarnya dianjurkan untuk mengikuti senam hamil. Persiapan melahirkan normal ibu dengan melakukan senam hamil atau gerakan ringan lainnya, misalnya saja seperti jongkok. Ketika mendekati masa persalinan, ibu memang dianjurkan untuk banyak jongkok. Tujuannya adalah mendorong bayi dan membuat bayi berada di posisi yang benar untuk memudahkan proses bersalin.

Selesai sudah bahasan kita mengenai persiapan melahirkan normal. Persiapan ini harus dipenuhi, selain itu mental dan fisik menjadi persiapan utama untuk ibu dalam menghadapi persalinan. Apabila memiliki kendala sebaiknya berkonsultasi pada para ahli terlebih dahulu.