Kenali Macam-Macam Jenis Mesin Cuci

Kenali Macam-Macam Jenis Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan salah satu elektronik rumah tangga yang digunakan sehari-hari guna untuk mencuci pakaian. Jika dulu Anda mencuci menggunakan papan. Sekarang Anda tidak perlu repot repot mencuci pakaian dengan menggunakan papan lagi. Dengan adanya teknologi mesin cuci tentu memudahkan Anda dalam mencuci pakaian apabila jumlahnya banyak. Selain itu, dengan adanya mesin cuci Anda dapat menghemat waktu untuk melakukan aktivitas yang lain seperti memasak atau menyetrika pakaian dan sebagainya.

Mesin cuci memiliki berbagai macam jenis yang dijual di pasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Pahamilah macam-macam jenis mesin cuci yang ada di pasaran sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Mesin cuci memiliki macam macam jenis yang memiliki kelebihan dan kekurangan agar cucian lebih maksimal bersihnya. Mesin cuci dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

Mesin cuci 2 tabung

Mesin cuci ini memiliki 2 tabung yang dapat dibuka pada bagian atas mesin cuci. Tabung pertama disebelah kiri digunakan untuk mencuci dan membilas. Sedangkan tabung kedua yang berada persis disebelah kanannya untuk mengeringkan pakaian setelah selesai di cuci.

Mesin cuci 2 tabung ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya karena harganya yang cukup terjangkau. Mesin cuci 2 tabung ini didesain dengan kuantitas dan kualitas yang ekonomis sehingga pemakaian listrik relatif lebih sedikit.

Namun, mesin cuci ini memiliki kekurangan yaitu tingkat kekeringan pada pakaian hanya mencapai 70%, dikarenakan mesin cuci ini berputar vertikal sehingga air tidak bisa turun semuanya. Selain itu, dalam mencuci pakaian mesin cuci 2 tabung ini membutuhkan volume air yang cukup banyak, jika mesin cuci kekurangan air, mesin cuci tidak bisa berputar dan akan berhenti kerjanya.

Mesin cuci 1 tabung

Mesin cuci 1 tabung ini adalah evolusi dari mesin cuci 2 tabung. Meskipun bentuknya sama, pada mesin cuci 1 tabung ini hanya terdapat 1 tabung yang berfungsi untuk mencuci sekaligus mengeringkan pakaian secara otomatis. Anda tidak perlu memindahkan pakaian Anda dari tabung satu ke tabung yang lainnya. Mesin cuci 1 tabung ini memiliki 2 jenis.

Jenis pertama disebut mesin cuci 1 tabung top loading. Untuk memasukkan pakaian, masukkan melalui bagian atas pada mesin cuci. Jenis mesin cuci 1 tabung top loading ini dinilai cukup praktis, karena Anda tidak perlu repot memindahkan pakaian dari tabung pencuci ke tabung pengering. Mesin cuci ini akan melakukannya secara otomatis. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau namun relatif lebih mahal dibanding mesin cuci 2 tabung.

Sama seperti mesin cuci sebelumnya, mesin cuci 1 tabung top loading ini memiliki tingkat kekeringan hanya mencapai 70%, dan membutuhkan volume air yang cukup banyak untuk perputaran pada mesin.

Jenis kedua yaitu mesin cuci 1 tabung front loading. Memasukkan pakaian kedalam mesin cuci ini melalui bagian depan pada mesin cuci. Mesin cuci ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan jasa cuci seperti jasa laundry pakaian.

Cara kerja mesin cuci 1 tabung front loading ini sama seperti top loading. Mesin cuci akan mengerjakan proses pencucian secara otomatiss dari pengisian air, pencucian, pembilasan hingga pemerasaan cucian. Mesin cuci ini dinilai praktis dan lebih efektif, karena pencucian dan pengeringan dilakukan secara otomatis. Volume air yang digunakan juga tidak sebanyak mesin 2 tabung dan mesin cuci 1 tabung top loading. Dengan tingkat kekeringan hingga mencapai 90% tentu Anda tidak perlu repot menjemur pakaian anda digantungan jemuran.

Namun diantara semua mesin cuci yang ada, mesin cuci 1 tabung front loading ini masih dibandrol dengan harga yang relatif mahal. Selain itu, Penggunaan daya listrik yang digunakan juga cukup tinggi sehingga menguras energi listrik yang banyak. Ditambah penggunaan mesin cuci ini juga menggunakan deterjen khusus yang harganya tidak murah dibanding deterjen pada umumnya. Tentu hal ini mengeluarkan biaya yang tidak murah.

Agar stamina mesin cuci Anda tetap kuat dan tahan lama, sebaiknya Anda perlu menjaga dan merawat mesin cuci Anda secara rutin dengan melakukan service mesin cuci sebulan sekali. Penggunaan mesin cuci setiap hari tentu membuat kinerja mesin Anda menurun. Apabila terdapat kerusakan atau gangguan, segera hubungi jasa service mesin cuci di sekitar Anda untuk diperbaiki. Selamat mencuci.